Malindo Feedmill Main Meracik Potensi Bisnis Ekspor Frozen Food

Besar harapan bahwa BMC ini mampu menginspirasi para pelaku usaha makanan di Indonesia untuk mau merencanakan ekspor lebih matang. Jika makin banyak pelaku usaha makanan sukses di pasar ekspor, maka akan semakin meningkat kontribusi ekspor UKM Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan BMC yang baru untuk dapat membantu menyusun bisnis mannequin ekspor produk makanan. Disini penulis mengemukakan BMC yang baru dengan diinspirasi olehProfesor Dornbergerdari SEPT Universitas Leipzig. Berikut di bawah ini adalah BMC yang dapat dipakai untuk ekspor produk makanan.

Pilihlah produk lokal kita yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negri. Dengan menjual produk yang tepat, maka akan membuat bangga negara bahwa kualitas produk dalam negri bisa bersaing dengan produk luar. Ini sangat berguna untuk meningkatkan devisa negara sehingga pendapatan negara akan semakin tinggi. Terbukti dengan adanya Standar Nasional Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah demi mendukung pengeksporan produk dalam negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Erly juga mengapresiasi ekspor perdana produk kelautan dan perikanan Simeulue yang telah membuat catatan sejarah. Selama ini, belum pernah dilakukan ekspor langsung dari Simeulue menuju negara tujuan. Keuntungan lainnya dari mengimpor produk dari luar negeri adalah peluang untuk menjadi pemimpin pasar pada industri tertentu. Banuak pelaku bisnis di dunia memilih kesempatan untuk bisa mendatangkan produk-produk baru dan unik dari luar negeri sebelum para pesaing mereka melakukannya. Banyak pelaku bisnis saat ini yang lebih memilih mengimpor produk-produk dari luar negeri dengan alasan penghematan biaya produksi dan ketiadaan sumber daya terkait produk-produk tersebut di negara mereka. Banyak produsen di India dan Cina pada pemasaran mereka cenderung memasarkan barang untuk pasar Eropa dan Amerika.

Bisnis ekspor

Koordinator BUMN Kluster Pangan dan juga Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI, Arief Prasetyo Adi, mengatakan, penggabungan dilakukan untuk menyinergikan bisnis dan meningkatkan penjualan. Dalam proses penggabungan ini, Perindo dan Perinus berupaya menggenjot ekspor produk perikanan. Rencana penggabungan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara atau Perinus, misalnya, diarahkan untuk meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia. Langkah itu juga diharapkan bermanfaat bagi pengembangan ekosistem nelayan serta usaha mikro, kecil, dan menengah . Berdasarkan evaluasi dan penilaian beberapa faktor internal dapat diketahui kekuatan yang dimiliki yaitu faktor lokasi tambang, ketepatan pengiriman, kapasitas utilitas, pelayanan order, rentabilitas dan Skala ekonomis. Sedangkan faktor keragaman produk, manajemen dan produktivitas sumber daya manusia, pengalaman karyawan serta kebijakan harga adalah kelemahan yang dimiliki perusahaan.

Dan sekaranglah saat yang tepat untuk memulai bisnis ekspor, sebelum peluang yang ada di raih oleh pihak lain. Manfaatkan kemajuan teknologi dan web untuk membuat bisnis ekspor semakin sukses. Salah satunya dengan membuat katalog produk online atau web site dan media sosial bisnis. Selain itu, Sobat Shipper dapat menggunakan platform bisnis world populer seperti amazon.com atau alibaba.com.

Salah satunya dengan rancangan pembuatan incubator eksportir yang akan ditempatkan di Gedung Pratistha Harsa Purwokerto. Nantinya incubator eksportir tersebut dibuat seperti lembaga, yang akan diberikan ruang tersendiri, guna memacu pengusaha barang-barang produk unggulan Banyumas, untuk diekspor. Menurut orang nomor satu di Kabupaten Banyumas tersebut, pihaknya telah merancang sebuah inkubator eksportir bagi para pelaku bisnis di Banyumas. Karena selain gula kristal, banyak komoditas unggulan Banyumas lainnya seperti kayu lapis, minyak atsiri, daun ketapang, sapu gelagah dan lainnya.

Sebelum mengekspor produk ke luar negeri, perlu dilakukan penyiapan barang untuk dikemas dan dimuat dalam kontainer. Ketika barang sudah siap tunggu jadwal keberangkatan kapal dan kemudian serahkan pengajuan PEB ke kantor Bea Cukai. Setelah mendapatkan persetujuan izin ekspor, maka barang dapat diantarkan ke pelabuhan untuk diangkut ke negara tujuan. Namun, setiap barang yang diekspor tetap memiliki aturan tersendiri yang harus dipenuhi oleh eksportir, seperti izin dari BULOG, HC, dan lain-lain sebagainya.

Hal yang paling utama saat akan berbisnis adalah memiliki relasi atau kolega untuk diajak bekerja sama membangun bisnis. Terutama untuk bisnis ekspor kalian harus memulai membuka hubungan dengan konsultan asin, bergabung dengan beberapa komunitas luar negeri dan juga memperbanyak relasi di negara – negara tetangga. Konsultan asing akan membantu kalian memecahkan dan menemukan solusi tepat dalam bisnis ekspor, kalian dapat mencarinya di perusahaan konsultan bisnis atau institusi luar negeri. Sebaiknya carilah konsultan asing yang berasal dari negara tujuan bisnis ekspor akan dipasarkan. Untuk mencari kolega bisnis juga cukup mudah dengan cara memperbanyak mengikuti program seminar atau pertemuan bisnis dari luar negeri. Jika kalian menghalami kesulitan dalam ekspor, kami AsiaCommerce memiliki jasa untuk membantu menguruskan ekspor anda.

Misalnya saja, pemerintah Indonesia bergabung dalam kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN , yang mulai berjalan tahun ini. Di saat mengimpor produk dari luar negeri membantu dunia usaha untuk mengurangi biaya produksi, sistem ekspor juga dapat meningkatkan nilai penjualan perusahaan. Perusahaan yang berfokus pada ekspor berusaha untuk memperluas visi usaha ke lingkup regional, worldwide atau bahkan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *